//
you're reading...
Pengetahuan, Tsaqofah Islam

7 TUGAS PELAJAR (imam Al-ghazali)

Dalam kitab “IHYA’ULUMUDDIN” karangan Imam Al-Ghazali di sebutkan ada 7 tugas pelajar dalam menuntut ilmu adapun ke 7 hal tersebut adalah:

1. Ialah mendahulukan kebersihan jiwa dari akhlak yg rendah berdasarkan sabda Rasulullah saw “Agama didirikan diatas kebersihan.” bukanlah yg dimaksud kebersihan baju, tetapi didlm hati. Hal itu ditujukan oleh firman Allah “sesungguhnya orng2 musrik itu najis {Qs. At-Taubah:28}

2. Ialah mengurangi kesenangan2 duniawinya dan menjauh dari kampung halaman hingga hatinya terputus untk ilmu. Allah tdk menjadikan dua hati bagi seseorng di dlm rongga badannya. Oleh krn itu dikatakan, “ilmu itu tdk memberikan sebagiannya hingga engkau memberinya seluruh milikmu.”

3. Ialah tdk sombong dan tidak membangkang kpd guru.

4. Ialah menghindar dari mendengar perselisihan2 diantara sesama manusia, krn hal itu menimbulkan kebingungan.

5. Ialah tdk menolak suatu bidang ilmu yg terpuji, tetapi ia menekuninya hingga mengetahui maksudnya.

6. Ialah mengalihkan perhatian kpd ilmu yg terpenting, yaitu ilmu akhirat

7. Ialah hendaknya tujuan pelajar dalam masa sekarang ialah menghiasi batinnya dngn sifat yg menyampaikannya kpd Allah ta’ala dan kpd derajat tertinggi di antara malaikat muqarrabin (yg dkt dngn Allah). Dan dngn ilmu itu ia tdk mengharapkan kepemimpinan, harta dan pangkat.

(RINGKASAN IHYA’ULUMUDDIN)

About Boby Riswandi

Aku Adalah Insan yang ingin bermanfaat bagi umat, ingin berkontribusi dalam dunia Islam melalui tulisan dan berjuang bersama barisan para mujahid. Sebarkan semua artikel yang ada di "tempatdakwah" insya Allah berbuah pahala, karena Rasulallah bersabda: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari) “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR.Muslim) Barakallahu fik.

Diskusi

Satu respons untuk “7 TUGAS PELAJAR (imam Al-ghazali)

  1. wes bagus kali ah

    Posted by Anonim | November 16, 2011, 3:43 pm

Tinggalkan komentar

Artikel Lainnya