//
you're reading...
Nasehat, Tsaqofah Islam, Wanita Sholehah

Menjawab beribu alasan muslimah enggan berjilbab | Jilbab Gue Bangett !

Bismi Allaah Ar Rahmaan Ar Rahiim…

Hijab Muslimah (Jilbab Gwe banget)
Menjawab beribu alasan muslimah enggan berjilbab

Sesungguhnya seorang wanita muslimah akan menemukan bahwa di dalam hukum islam ada perhatian yang sangat tinggi terhadap dirinya agar dapat menjaga kesuciannya, agar dapat menjadi wanita mulia dan memiliki kedudukan yang tinggi. Dan syarat-syarat yang diwajibkan pada pakaian dan perhiasannya tidak lain adalah untuk mencegah kerusakan yang timbul akibat tabarruj (berhias diri) dan menjaga dirinya dari gangguan orang-orang. Syariat Ini pun bukan untuk mengekang kebebasannya akan tetapi sebagai pelindung baginya agar tidak tergelincir pada lumpur kehinaan atau menjadi sasaran sorotan mata dan pusat perhatian.

Defenisi Hijab Secara Bahasa

Al-Hijab berasal dari kata hajaban yang artinya menutupi, dengan kata lain al-Hijab adalah benda yang menutupi sesuatu, menurut al-Jarjani dalam kitabnya at-Ta’rifat mendefinisikan al-Hijab adalah setiap sesuatu yang terhalang dari pencarian kita, dalam arti bahasa berarti man’u yaitu mencegah, contohnya: Mencegah diri kita dari penglihatan orang lain.

KEUTAMAAN HIJAB

1. Hijab merupakan tanda ketaatan seorang muslimah kepada Allah dan Rasul-Nya.
Allah telah mewajibkan ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya berdasarkan firmanNya:
وَمَا كَانَ لِمُؤْمِنٍ وَلا مُؤْمِنَةٍ إِذَا قَضَى اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَمْرًا أَنْ يَكُونَ لَهُمُ الْخِيَرَةُ مِنْ أَمْرِهِمْ وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ ضَلَّ ضَلالا مُبِينًا
“Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan Rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. dan Barangsiapa mendurhakai Allah dan Rasul-Nya Maka sungguhlah Dia telah sesat, sesat yang nyata.” (QS. Al Ahzab: 36)

2. Hijab itu Iffah (Menjaga diri).
Allah menjadikan kewajiban menggunakan hijab sebagai tanda ‘Iffah (menahan diri dari maksiat). Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
“Hai Nabi, Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)

3. Hijab adalah Kesucian
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ

“Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri- istri Nabi), Maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka.” (QS. Al Ahzab: 53)

4. Hijab adalah Ketaqwaan

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا وَلِبَاسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ ذَلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raf: 26)

Hai Sis jangan takut berjilbab yah !

Takut? Emangnya uji nyali?
Nggak cuma uji nyali aja yang
bisa bikin orang takut, berjilbab pun
ternyata masih banyak yang pada takut.
Mulai dari takut dicemooh, takut nggak
bisa bebas beraktivitas, takut gerah,
takut sulit dapat pekerjaan hingga takut
ggak dapat jodoh.

Padahal kalo dipiki-piki , jilbab adalah suatu gaya berpakaian yang lagi tren saat ini, lho. Emang sih beberapa tahun yang lalu, jarang banget kita nemuin cewek berjilbab. Tapi saat ini hampir di setiap sudut meja, eh, kota banyak muslimah yang sudah mulai sadar untuk berjilbab. Di sekolah-sekolah baik yang berbasis Islam atau pun umum, perguruan tinggi negeri dan swasta, tempat-tempat kursus hingga di pasar, mal, dan pabrik-pabrik, jilbab mulai marak. Bahkan di perkantoran yang dulunya jarang banget didapati busana muslimah ini, kini hampir di setiap kantor bisa dijumpai wanita muslimah yang berjilbab. Tuh kan, keren nggak sih?

Tapi ternyata di balik hingar-bingar cewek berjilbab, itu belum semuanya mau mengenakannya, sobat. Why? Karena banyak di antara mereka yang meskipun mengaku Islam, tapi masih juga enggan untuk berjilbab. Banyak sih alasan klise yang bakal dijadikan senjata andalan. Mulai dari pendapat yang bilang kalo jilbab tuh busana yang nggak gaul, ribet, dan bawaannya gerah mulu, hingga yang paling sering muncul nih, nggak siap. Nggak siap? Wah, macam mana pula ini?

Bahkan ada juga yang mau pake jilbab asal dengan syarat dibeliin mobil sedan keluaran terbaru. Walah! Eh…tapi ini beneran ada lho.
Tapi jangan salah, kita kudu bersyukur juga, karena ternyata masih ada sodara kita yang sudah niat hati sih pingin berjilbab tapi apa daya nggak boleh sama ortu. Dengan alasan kayak anak udik-lah, entar sulit dapat kerjaan-lah, lama dapat jodohnya de el el. Ortu punya kuasa untuk melarang anaknya berjilbab. Gimana nggak, kalo larangan itu disertai ancaman bakal distop uang SPP dan uang saku, bahkan mungkin juga distop nggak boleh aktif di rohis (tempat dia sadar tentang wajibnya jilbab). Lalu gimana dong cara untuk meyakinkan ortu agar dibolehin pake jilbab?

A. Kriteria Jilbab(Hijab)
– Meliputi anggota tubuh kecuali muka dan telapak tangan
– Tidak tembus pandang
– Tidak sempit
– Tidak menyerupai pakaian laki-laki
– Bukan pakaian menarik nafsu seseorang apabila menihatnya

B.Kenapa ya teman kita mereka tidak berjilbab?
1. Tidak tahu penting dan WAJIBnya berjilbab
2. Tunggu nanti : Keburu tua donk
3. Dilarang ortu, pacar, kantor dll
4. Tidak mau karena jilbab :
– Kuno
-Kampungan
– Menutupi kecantikan
– Membatasi pergaulan
– Mengekang
– Diskrimainatif
– Membawa derita de el el..

oke sis mari kita dengarkan alasan mereka dan kita jawab bersama
1. Aku sih entar ajah, hati dulu deh yang dijilbabin
Jawab : Entar emang bisa jamin masih hidup?kebaikan kok di tunda sih.. !!
emang bisa jamin besok masih hidup?kebaikan itu emang perlu dipaksa sis
kamu ngak bakal mau jalan naik motor kalau tidak dipaksa polisi disuruh pakai padahal itu untuk keselamatan dirimu sendiri,itu baru suruhan polisi apalagi hijab ini adalah suruhan Allah subhanahua taala..

2. Temen aku ajah berjilbab kelakuanya masih parah! Mending aku donk yg ngak pakai sekalian..
Jawab : Belum tentu yah paling tidak sudah melaksanakan perintah Allah.kamu?
masak ia sih teman kamu yang berkelakuan parah begitu aja berjilbab lah kamu kok ngak ! tadi katanya lebih baik dari dia???

3. Berbuat baik bukan Cuma berjilbab dan jilbab bukan tolak ukur keimanan seseorang !
Jawab : BETUL ! Jilbab bukan tolak ukur keimana seseorang namun merupak an realisasi amal keimanan kita.(iman harus di buktikan dengan amal bukan?)
Pada ahirnya amal tersebut menunjukan sisi ketaqwaan kepada Rabbi

Kata alasan merka lagi
1. Modalku rambut , kalo pake jilbab makin jelek..
Jawab : apa sih modal cantiknya cewe itu ? apa wajah?body?warna kulit? oh no bukan itu sis.. yang bikin cantik itu adalah rambut, secantik apapun seorang model wajah cakep,body oke warna kulit aduhai jika berjalan di panggung model(apa ya bahasanya.hehe saya lupa..pokoknya itulah)kalau botak cantik ngak??ayo jawab jujur…hihi serem? Nah loh tambah jelek kan,kcoba alo jilbab dijamin punya rambut apa ngak so tetep cantik kerna tertutup/hijab

2. Lama dapat Jodohnya
Jawab : kato sopo ??? Bukankah ustadz kita selalu mengatakan bahwa jodoh,rezeki dan kematian(umur) Allah yang menentukan ! Nah loh kenapa bikin presepsi sendiri, ngak berjilbabpun tidak menjamin cepat dapat jodoh,
banyak realita bahwa yang tidak berjilbabpun ada yg belum mendapatkan jodoh dan sebaliknya yg berjilbab duluan..so kita kembalikan semua itu kepada Allah yang,mengaturnya

3. Apa kata dunia klo aku pake jilbab?????
Jawab : ente makin cantik cin.hehe

4. Ngaaaaaaaaaaak siaaaaaaaaaap !!!
Jawab : hadeuuh nenk kapan siapnya kalo nunggu siapnya sih kagak baek-baek kita, kadang kebaikan itu harus dipaksa supaya kita menjadi baik bukan seperti contoh polisi diatas !

C. Mengapa Harus berjilbab?

a. Menjalankan perintah Allah(Al ahzab : 59)
b. Menjalankan hadis Rasul
c. Mencontoh para sahabiyah

D. Mamfaat Berjilbab
1. Mudah dikenali sebagai muslimah
2. Semakin medekatkan diri pada Allah
3. Menjauhkan dari maksiat
4. Berpikir-pikir untuk melakukan maksiat takut dengan Allah dan selalu ingat dengan jilbab di kepala
5. Lebih aman dan tidak di goda atau di colek sembarangan(teman cowok juga akan santun dan ikut menjaga kita
6. Meningkatkan motivasi keislaman untuk kehidupan dunia-akhirat
7. Merdeka dalam artian sebenarnya
“ pernah liat cewe kalo duduk di angkot, pasti duduknya gelisah dengan menutup pahanya takut kelihatan isi dalamnya, semenara jilbab dengan pakaian syar’i memudahkan kita dalam bergerak bebas”
8. Dengan berjilbab kita tidak diukur dari fisik, melainkan dari kecerdasan dan kebaikan dari hati kita (Innerbeuty)
9. Jilbab membawa kita kelingkungan yang baik
“tidak mungkin kita malah senang di tempat diskotik mau dugem,pastilan ke arah yang lebih baik, sebab ketika kaki melangkah ke arah maksiat maka jilbab bicara melalui nurani”
10.Dengan berjilbab kontrol di tangan permpuan buka pria
“ kita yang memilih kepada siapa kita perlihatkan aurat kita yakni keluarga mahram dan suami kita kelak,bukan sebebasny orang. Berbeda halnya merke yang terbuka paha serta betis mulus mereka dengan gampang dilihat paklek sayur tukang sate bang siomay..jiaaahhh…oh no sis..
11. Dengan berjilbab kita telah melakukan seleksi suami
“ Percayalah hanya laki2 istimewa yang berani meminang kita, bukan sembarangan !
12. Jilbab mencegah penyakit jasmani
Mencegah penyakit kulit (terbakar karena sinar matahari) dll yg tak semua disebut
13. Jilbab membawa kesehatan jiwa, hati jadi nyaman dan tentram
14. Dengan jilbab kita maju bersama-sama
15. Denga berjilbab menjadikan kita tauladan,lebih didengar apabila dimintai pendapat (iman,ilmu,amal tingkatkan yah ! )
16. Dengan jilbab lebih anggun dan nyaman dipandang mata
“jaga kebersihan,kerapian dan keserasian” jangan sembarangan misal jilbab kuning baju ijo rok merah sepatu putih kaoe ungu..jiaahh..sisi yang ada kita dibilang akhwat unbul-unbul ..😀

Ingat sahabatku bahwa setelah kamu tahu ilmu ini sampaikan kepada mereka yang belum mengerjakan syariatnya ini.

Admin : Akhii Full Hikmah
Syukran To : Ai Nurkaffah

Tulisan Berikutnya :

About Boby Riswandi

Aku Adalah Insan yang ingin bermanfaat bagi umat, ingin berkontribusi dalam dunia Islam melalui tulisan dan berjuang bersama barisan para mujahid. Sebarkan semua artikel yang ada di "tempatdakwah" insya Allah berbuah pahala, karena Rasulallah bersabda: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari) “Barangsiapa yang mengajak kepada petunjuk, maka baginya ada pahala yang sama dengan pahala orang yang mengikutinya dan tidak dikurangi sedikitpun juga dari pahala-pahala mereka.” (HR.Muslim) Barakallahu fik.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buku Harun Tsaqif (Ceo dan Founder Tempat Dakwah)

http://haruntsaqif.blogspot.com/

Artikel Lainnya

Sukai Halaman ini

Like This Blog

%d blogger menyukai ini: